Andai Saja

Apa yang kamu rasakan bila melihat orang tua kamu bertengkar ? Melerai mereka, menasehati mereka, atau tak melakukan apa-apa ? Aku lebih suka mengambil pilihan terakhir. Tak melakukan apa-apa. Bagiku tak ada gunanya melerai mereka. Toh mereka sama-sama egois. Mempertahankan pendapat mereka masing-masing, bertengkar dengan suara keras, dan dengan kata-kata yang kadang tak pantas untuk diucapkan di depan anak mereka. Padahal, apa sih gunanya saling mempertahankan keinginan sendiri, saling menyalahkan, tak ingin dipersalahkan, selain hanya memperuncing permasalahan dan tak menemukan jalan keluar ?

Terlebih menasehati mereka. Tak akan ada gunanya. Mereka sama-sama keras kepala. Merasa mereka lebih tua, sehingga lebih banyak mengerti tentang hidup dibandingkan anak-anak mereka. Merasa anak-anak mereka tak mengerti persoalan mereka. Padahal, apa sih yang tak bisa dimengerti bila persoalan dibicarakan dengan baik, dengan kepala dingin, tanpa kata-kata kasar, dan tanpa suara keras ?

Mengapa mereka tak melibatkan kami dalam membicarakan masalah mereka ? Toh masalah mereka adalah masalah kami juga. Bukankah kami anggota keluarga, yang secara otomatis juga turut punya andil dan tanggung jawab bila ada masalah dalam keluarga ? Setidaknya bila ada masalah dalam keluarga, bolehlah dibicarakan bersama dengan kepala dingin, saling bertukar pikiran dan bersama-sama mencari jalan keluar yang terbaik. Kalaupun tak mampu menemukan jalan keluar, setidaknya tak akan ada hati yang sakit karena ucapan yang tak perlu terlontarkan saat emosi sedang memuncak.

Andai saja …

Published in: on 14 Mei 2009 at 4:03 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://incredibleleven.wordpress.com/2009/05/14/andai-saja/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: